A. Pengertian Komunikasi Dunia Maya
Komunikasi adalah proses penyampaian dari
pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan) sehingga terjadi
kesamaan pengertian atas pesan.
Istilah “Dunia Maya” pertama kali muncul
dalam novel, Neuromancer, yang ditulis oleh William Gibsonpada
tahun 1984. Istilah tersebut merujuk pada jaringan informasi luas yang oleh
para penggunanya disebut console cowboys akan “muncul”, atau
koneksi langsung dengan sistem-sistem syaraf mereka (Severin and Tankard, 2008:
445). Dari konsep William Gibson tersebut, Benedikt (1991: 122-123) memunculkan
definisi yang lebih formal dengan menyatakan bahwa “dunia maya” adalah realita
yang terhubung secara global, didukung komputer, berakses komputer,
multidimensi, artifisial, atau “virtual”. Dalam realita ini, setiap komputer
adalah jendela, dimana akan terlihat atau terdengar objek-objek yang bukan
bersifat fisik dan bukan representasi objek-objek fisik, namun lebih merupakan
gaya, karakter, dan aksi pembuatan data, pembuatan informasi murni.
Dalam pengertian umum sekarang ini, dunia
maya adalah istilah komprehensif untuk world wide web, internet,
milis elektronik, kelompok-kelompok dan forum diskusi, ruang ngobrol
(chatting), permainan interaktif multi-player, dan bahkan e-mail (Turkle,
1995).
Dengan demikian, yang dimaksud dengan
komunikasi dunia maya adalah komunikasi yang dilakukan tidak dalam bentuk tatap
muka langsung, akan tetapi interaksi mengirim atau menerima pesan atau
informasi melalui internet.
Menurut Walther, dalam komunikasi ini
disebut juga komunikasi hiperpersonal, yakni komunikasi dengan
media internet yang menurut masyarakat sosial lebih menarik bila dibanding
dengan komunikasi secara langsung.
Menurutnya, ada tiga faktor yang menyebabkan komunikasi
hiperpersonal lebih menarik, yaitu:
1.
E-mail dan jenis komunikasinya yang lain
memungkinkan prewentas diri yang sangat selektif, dengan lebih sedikit
penampilan atau perilaku yang tidak diinginkan bila dibandingkan dengan
komunikasi secara langsung (tidak perlu menata perilaku visual saat
berkomunikasi melalui internet).
2.
Orang yang terlibat dalam komunikasi via
komputer kadang kala mengalami atribusi yang berlebihan yang di dalamnya mereka
membangun kesan stereotipe tentang partner mereka. Kesan-kesan
ini sering mengabaikan informasi negatif, seperti kesalahan cetak, kesalahan ketik,
dan sebagainya.
3.
Ikatan intensifikasi bisa terjadi yang di
dalamnya pesan-pesan positif dari seorang partner akan membangkitkan
pesan-pesan positif dari rekan komunikasinya.
B.
Pengertian
Komunitas Virtual
Komunikasi Virtual merupakan suatu bentuk proses komunikasi
yang menggunakan teknologi sebagai sarana berkomunikasi antara satu pihak
kepada pihak lain dan biasanya feedback dapat langsung diterima dengan proses
penyampaian pesan melalui ruang maya (cyberspace) yang bersifat interaktif.
Contohnya adalah seperti chating, browsing, dan email melalui internet.
Internet merupakan media komunikasi yang sangat efektif bagi umat manusia di
dunia. Layanan yang ditawarkan juga beragam. Kita dapat menikmati
fasilitas-fasilitas seperti e-mail, chatting (mIR Chat) dan web.
C. Pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar dan Media
Pembelajaran
Saat ini
komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan diberbagai
bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer
dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan
access.Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan
Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai
salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting
sebagai salah satu media pembelajaran.
TIK bukan
merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari
hardware dan software. Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkanTIK
sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis
metode.
Ø Pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sumber Belajar
1. E-Learning (Electronic
Learning)
Adalah
proses pembelajaran jarak jauh melalui pemanfaatan teknologi internet. Dalam
konteks electronic learning atau e-learning sebagai salah satu bentuk
pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi. Perkembangan e-Learning
sendiri sebenarnya sangat erat kaitannya dengan perkembangan TIK, dimulai dari
perkembangan teknologi televisi, komputer hingga teknologi komunikasi data
paling cepat saat ini yaitu internet. E-Learning menjadi salah satu bentuk
evolusi penyampaian pembelajaran dengan pemanfaatan TIK sebagai komponen
utamanya.
AW.Bates
(Bates 1995) dan K Wulf (Wulf 1996), seperti yang dikutip oleh Siahaan (2004),
menyebutkan 4 keuntungan penyelenggaraan pendidikan semacam ini yaitu: (1)
meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau
instruktur (enhance interactivity), (2) dapat dilakukan kapan saja dan dimana
saja. Sifat internet yang tidak mensyaratkan sinkronitas memungkinkan
instruktur dan peserta didik dapat terlibat dalam proses pembelajaran dalam
waktu dan tempat yang berbeda, (3) sangat mampu menjangkau audience secara luas
dan global, dan (4) mudah melakukan pembaruan materi pembelajaran dan menyimpan
data/dokumen. Namun demikian, tidak semua negara dapat menyelenggarakan
pembelajaran elektronik.
Kriteria-kriteria
di bawah ini merupakan syarat yang telah dipenuhi negara-negara penyelenggara
pembelajaran berbasis teknologi, yakni:
a. sikap
positif masyarakat pada teknologi komputer dan internet, yang ditunjukkan dari
semakin banyaknya jumlah pengguna dan penyedia jasa internet
b. harga
perangkat komputer yang relative murah dan dapat dimiliki oleh masyarakat
c. kemampuan
teknologi memproses data secara cepat dan kapasitas penyimpanan yang besar, dan
luasnya akses atau jaringan komunikasi.
2. E- Book (Electronic Book)
Pada
fasilitas ini siswa dapat mencari koleksi perpustakaan elektronik berupa buku
buku, modul, jurnal, makalah, majalah, surat kabar dan sebagainya.
3. Teleconference atau video
conference
Sebuah
sistem pembelajaran dimana terjadi interaksi langsung, misalnya antara guru dan
siswa, antara dosen dan mahasiswa. Tetapi pemanfaatan TIK sebagai sumber
belajar melalui teleconference atau video conference sulit dilaksanakan,
mengingat sistem pembelajaran ini memerlukan biaya yang cukup besar dan
kurangnya sarana dan fasilitas yang memadai.
Ø Beberapa
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Media Pembelajaran Di
Sekolah Diantaranya :
1. Presentasi
Presentasi
merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart.
Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop
dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK
diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya
menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita
sampaikan. Software yang paling banyak digunakan untuk presentasi adalah
Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan
bahan presentasi, diantaranya:
a. Jangan
terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan
b. Tulisan
jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
c. Perbanyak
memasukkan gambar dan animasi
d. Usahakan
bentuk presentasi yang interaktif.
2. Demonstrasi
Demontrasi
biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya
eksperimen. Kita bisa membuat suatu film cara-cara melakukan suatu kegiatan
misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil
sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita
arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari
kegiatan tersebut. Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa
menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun
tidak semuanya tersedia).
3. Virtual Experiment
Maksud dari
virtual eksperimen disini adalah suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan
di depan komputer. Siswa bisa melakukan beberapa eksperimen dengan memanfaatkan
software virtual eksperimen misalnya Crocodile Clips. Software ini bisa
didownload dihttp://www.crocodileclips.com/s3_1.jsp, tetapi kita harus
register dulu untuk mendapatkan active code yang berlaku untuk satu bulan. Metode
ini bisa digunakan jika kita tidak mempunyai laboratorium IPA yang lengkap atau
digunakan sebelum melakukan eksperimen yang sesungguhnya.
4. Kelas virtual
Maksud kelas
virtual di sini adalah siswa belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya
menggunakan moodle. Contoh bentuk kelas maya di sekolah X. Pada kelas maya ini
siswa akan mendapatkan materi, tugas dan test secara online. Kita sebagai guru
memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai hasil ujian siswa.
Terutama hasil ujian siswa akan dinilai secara otomatis. Materi online bentuk
tugas yang diberikan bentuk test hasil test yang didapat siswa.
D.
Jenis-jenis Komunikasi
Ada empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa dilakukan,yaitu
komunikasi menggunakan atau memanfaatkan fasilitas E-mail,Milis,Chatting,dan
Facebook.
1. E-mail
E-mail merupakan kependekan dari electronic mail,dalam bahasa indonesia
artinya surat elektronik.Kata e-mai itu sendiri merujuk pada dua hal, pertama e-mail
merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis internet yang
dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik.Ada beberapa
aplikasi e-mail antara lain Yahoo Mail,Gmail,Hotmail AOL,Sina,126,163,Daum dan
sebagainya.Program ini digunakan untuk membaca,mengirim,dan menyimpan
e-mail.Kedua e-mail yaitu surat elektronik.Surat elektronik adalah surat yang
dibuat,dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi
dalam bentuk data elektronik yang dibuat,dikirim dan atau diterima dalam
bentukdata yang diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan
memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet.
2. Milis
Milis atau mailing list adalah layanan di dalam internet yang digunakan
untuk berdiskusi melalui e-mail. Salah satu penyedia mailing list(server) yang
paling terkenal adalah Yahoo.Untuk bisa melakukan diskusi di mailing list,kita
harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list,misalnya di Yahoo
Groups.Apabila sudah banyak pendaftar atau banyak yang ikut bergabung dengan
kelompok baru kita,disini kita harus bisa mengelola keberadaan para milis.Di
antaranya pengelolaan status anggota misalnya sebagai anggota(member),moderator
atau sebagai owner.Termasuk menghapus dari keanggotaan milis.
3. Chatting
Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (inggris) artinya
ngobol.Chatting dalam dunia internet artinya program yang tersedia yang
digunakan untuk ngobrol atau berinteraksi via internet.Ada beberapa jenis
komunikasi yang bisa dilakukan dengan program ini,yaitu komunikasi lewat
tulisan,komunikasi dengan suara,komunikasi dengan gambar,bisa mengirim
file,juga bisa mengirim pesan singkat(sms).Chatting bisa dilakukan berdua saja
atau rame-rame dengan banyak orang untuk ngobrol dengan banyak orang bisa menggunakan
fasilitas chatt room. Chatting bisa dilakukan karena adanya perangkat lunak
atau software.Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini bisa digunakan
di antaranya yaitu:Mirc,Msn messenger, Icq, GotoWorld, Yahoo messenger, dan
yang lainnya.Perangkat yang paling banyak digunakan adalah Yahoo
messenger,karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan menarik yaitu:chat lewat
suara(voice chat),Chat sambil tatap muka lewat kamera(webcam), melakukan
panggilan dari komputer ke komputer (PC to Pc all),melakukan panggilan dari
komputer ke telepon (PC to phone call),melakukan panggilan dari telepon ke
komputer(phone to PC call),ruang-ruang chat (chat rooms),mendengarkan radio
online(launch cast radio),mengirim file(file transfer),bermain game dengan
lawan chat (Yahoo! Games),ngobrol dengan beberapa orang sekaligus (conference)
dan sebagainya.
4. Facebook
Facebook merupakan salah satu program aplikasi dunia maya jaringan sosial
berbasis internet,disamping program lainnya.Pencetus dan pengembang program
aplikasi ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Harvard.Tujuan
awal dari dikembangkannya facebook ini yaitu sebagai media untuk saling
mengenal antar mahasiswa Harvard,saling mengenal jati diri sekampusnya dengan
tanpa harus bertatap muka langsung. Merujuk pada penjelasan team Cyber (2009)
dalam 30 menit Membongkar Rahasia Facebook ,terdapat sejumlah kelebihan yang
dimiliki facebook dibanding dengan program jejaring sosial lainnya,yaitu:
a. Umumnya data
profile di facebook real,karena sebagai personal press release dan meningkatkan
jaringan pertemanan.
b. Updating
data di facebook dapat dilakukan dengan mudah,bisa melalui personal
computer(PC),laptop,smartphone yang terhubung ke internet dan handphone.
c. Tag atau
penamaan yang saling terhuung untuk foto-foto,sehingga bisa menjadi media awal
untuk saling berkomunikasi dengan teman-teman lama.
d. Pengorganisasian
kegiatan untuk updating facebook lebih mudah karena ada pemberitahuan
(notifikasi) tentang banyak hal sehinnga mudah untuk mengetahui tambahan reaksi
teman-temandi facebook seja log in yang terakhir.Notifikasi itu misalnya ada
teman yang menyetujui menjadi teman (accept friend),teman yang menulis pesan (wrote
a wall) dan sebagainya.
e. Notifiksi
atau alert (pemberitahuan sesaat) dapat juga dilihat di alamat e-mail yang
terdaftar.
f. Dengan
facebook dimungkinkan juga untuk chatting satu orang dengan satu orang (one to
one),meskipun belum ada feature untuk chatting secra bersama.
g. Bisa membuat
group sesuai dengan keinginan,sehingga memudahkan untuk mengelompokkan rekan
sesuia dengan klasifikasi tertentu.Misalnya menurut hobi,sekolah,pekerjaan,dan
sebagainya.Pengelompokan ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan tema pembicaraan,sehingga
komunikasi bisa lebih terarah.
h. Terdapat
fasilitas wall to wall atau penulisan pada dinding,yaitu menuliskan
pesan publik ke teman facebook yang memungkinkan untuk memberikan nilai positif
atas teman tersebut.
i.
Dapat mengirim pesan secara terbatas.Dalam facebook
ada tiga kategori pengiriman pesan yaitu kirim ke satu orang,kirim ke semua
anggota grup,kirim khusus untuk admin,dan kirim ke kelompok rekan-rekan
(conference).
j.
Dapat mengatur pertemuan melalui penggunaan fasilitas
membuat acara (create event) dan sekaligus juga dapat mengundang teman-teman
yang dikehendaki.Dalam feature ini bisa memberikan gambaran yang cukup
menyeluruh tentang acara yang akan diselenggarakan,misalnya deskripsi
acara,foto,dan video.Selain daripada itu,siapa saja teman yang bisa
hadir,mungkin hadir,atau masih dalam konfirmasi juga bisa dilihat.
k. Dapat
mencari atau mengundang teman hanya dengan tahu emailnya,namanya,sekolahnya atau
informasi penting lainnya.
l.
Memungkinkan mencari teman lama melalui fasilitas menu
People You May Know.Teman lama bisa dicari dari jaringan yang sudah menjadi
teman facebook,biasanya lengkap denga foto,teman yang bersesuaian (mutual
friend) atau dengan mengirim pesn pribadiuntuk penegasan.
m. Memungkinkan
kita untuk melihat acara yang akan kita hadiri dan teman facebook yang akan
ulang tahun,pada menu Events and Bithdays.
n. Mengundang
teman bisa dilakukan dengan lebih mudah,cukup dengan memasukkan alamat email
dan passwordnya.
o. Bisa membuka
ruang kesempatan berkomunikasi lebih lanjut atau luas untuk pengembangan dan
memperkuat proses jejaring sosial melalui application.Diantaranya untuk
kampanye kegiatan sosial,periklanan,pencarian dana,game,dan sebagainya.
p. Memungkinkan
memberikan informasi yang luas untuk press release pribadi,terutama memberikan
demokratisasi hubungan antar manusia.Hal ini mungkin dilakukan karena dalam
facebook terdapat menu profile sub menu info
q. Terdapat
update semacam micro blogging,merupakan press release pribadi atas semua
kegiatan kita secara live.Apabila kita meng-update infor,asi yang berkaitan
dengan diri kita,termasuk tentang suasana hati kita,hal ini bisa memberikan
rasa kedekatan diantara teman-teman kita yang membacanya.Bisa saling memberikan
masukan atau saling menguatkan.
r.
Menu lainnya yang selalu berkembang sehingga
memungkinkan adanya ruang yang cukup luas untuk berekreasindan berinovasi dalam
membuat press release pribadi yang bisa digunakan atau berfungsi sebagai
pemasaran diri.
E. Kemampuan
yang Dituntut bagi Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis TIK
Semakin meluasnya kemungkinan penggunaan internet dalam pendidikan dan
pelatihan menuntut pengelola pendidikan untuk mampu mengintegrasikan teknologi
web ke dalam lingkungan belajar mulai dari fase
desain,pengembangan,penerapan,dan pemeliharaan. Setidaknya ada tiga pihak yang
dituntut kemampuannya agar WBT bisa terlaksana yaitu pihak
lembaga,pengelola,dan guru/dosen.
1. Tuntutan
Kelembagaan
Menurut uraian ElliS (1999), Secara kelembagaan, Perusahaan yang berhasil
menyelenggarakan WBT karena adanya kerja sama antar departemen yang ada di
perusahaan tersebut.Pihak-pihak/departemen yang terkait dalam manajemen WBT di
antaranya adalah:
a. Departemen
Teknologi Informasi.
b. Departemen
Sistem Informasi dan Manajemen Sistem Informasi.
c. Departemen
Pengembangan Produk.
d. Departemen Sumber
Daya Manusia.
e. Departemen
Pemasaran dan Komunikasi.
f. Departemen
Perekayasaan.
g. Departemen
Pendidikan,Pelatihan,dan Pengembangan Staf.
h. Departemen
lainnya yang memeerlukan/terkait.
Dari uraian di atas,kita bisa mengambil suatu esensi bahwa jika suatu lembaga
pendidikan, sekolah ingin sukses menyelenggarakan pendidikan berbasis web maka
harus ada kebijakan yang memihak,kerja sama,dan komitmen antarunit kerja yang
mungkin akan terlibat.
2. Tuntutan
kemampuan pengelola
Sedangkan tuntutan atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang
pengelola program WBT untuk mendorong sukses pengelolaan WBT yaitu alur
kegiatan dari pengelolaan pendidikan dan pelatihan yang berbasis web meliputi
langkah-langkah sebagai berikut:
Ø Identifikasi
dan Analisis Kebuuhan akan WBT.Identifikasi akibat potensial yang mungkin
muncul dari penerapan WBT.
1. Tentukan
sisi baiknya.
2. Tentukan
kekurangannya.
Ø Merancang
desain WBT (secara tim).
1. Menentukan
fokus/isi yang sesuai.
2. Mengidentifikasi
hambatan anggaran.
3. Mengidentifikasi
isu-isu keberadaan hardware dan software.
4. Merancang
desain dan petunjuk penggunanya.
5. Mengidentifikasi
karakteristik dan keuntungan/kebaikan yang diinginkan.
Ø Mengembangkan
website atau sistem pelatihan komersial yang customize:
1. Mengembangkan
isi.
2. Membuat
desain visual.
3. Melakukan
uji coba.
Ø Implementasi
pogram WBT Memasarkan program di lingkungan internal.
a. Menilai
program beserta isinya:
1. Penilaian
oleh penggunaan.
2. Menilai validitas
dan reliabilitas isi.
b. Melakukan
pemeliharaan site yang sedang berjalan:
1. Memasukkan
pembaruan teknolog.
2. Penjadwalan
dan membuat evaluasi (Ellis,et.al.,1999:3-9)
3. Tuntutan
Kemampuan Guru
Untuk bisa menyelenggarakan pendidikan yang berbasis web guru harus
memiliki:
1. memiliki
sikap positif terhadap Teknologi Informasi (TI) (positive attitudes to IT)
2. memahami
potensi pendidikan dalam TI (understanding the educational potential of IT)
3. mampu
menggunakan TI dalam kurikulum secara efektif (ability to use IT effectively in
curriculum)
4. mampu
mengelola penggunaan TI di dalam kelas (ability to manage IT use in the
classroom)
5. mampu
menilai penggunaan TI (ability to evaluate IT use)
6. mampu
meyakinkan adanya perbedaan dan kemajuan (ability to ensure differentiation and
progression)
7. memiliki
kemampuan teknis untuk menggunakan TI serta selalu memperbarui kemampuan yang
telah dimiliki (technical capability to use an appropiate range of IT resource
and up date these skills) (Somekh dan Davis,1997:12).
Sementara itu,the International
Society for Technology in Education (ISTE) pada tahun 1999 merekomendasikan
Foundation in Technology for All Teacher Foundation Standard (Lowther
et.al.2000:132).Dalam standar ini mengindikasikan bahwa para guru harus:
Ø Memiliki
pemahaman umum dan kemampuan teknologi
Ø Mampu
menggunakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan dalam kehidupan profesional
dan personal.
Ø Harus bisa
mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum secara efektif.
Agar guru/dosen bisa memiliki
kemampuan sesuai dengan standar di atas,LPTK penting untuk menyusun program
pendidikan yang sesuai dengan tuntutan foundation Standar di atas.Dalam hal ini
Abbey (2000:132) menegaskan :“Therefore,it is critical that today’s teacher
education programs be modified to ensure that graduating students prosses the
essential knowledge,skills,and understanding needed to effectievely use
Web-based education in a setting that fosters growh and learning”.
F.
Pendekatan Instruksional yang Bisa Diterapkan untuk
Melaksanakan Pendidikan Berbasis TIK
Menurut Lowther, et.al.,beberapa
teori belajar yang perlu dipahami untuk dijadikan landasan bagi pelaksanaan
pembelajaran berbasis TIK di LPTK di antaranya adalah,”constructivisme dari
Bruner(1999),anchored instrution dari CTGV (1993),cognitive
apprenticeship dari Brown et.al.(1993),dan multiple
intelegences dari Gardner (1993).Teori-teori belajar tersebut
diterapkan tidak secara sendiri-sendiri tapi harus diterapkan secara
terintegrasi (multiple).
Sedangkan dalam hal pendekatan
instruksional,Lowther,et.al. mengajukan beberapa metode pembelajaran untuk
membentuk kemampuan calon guru dalam menggunakan pendidikan berbasis web dan
teknologi lainnya di LPTK.yaitu:simulated K-12technology
classroom;modeling;observing/participating in technology setting;learning
technology skill;and reflective practices.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar